Review Selubung Pemimpin Karet Bantalan

Hello guys, balik lagi sama gw, okay mungkin kalau ada yang belum tau gw, gw mengucapkan selamat datang diblog sederhana gw ini.

Pertama kenalin nama gw “Joey” percayalah itu bukan nama asli gw hahhaha….
Gw kuliah di UGM (Universitas Gunadarma Margonda)  jurusan Teknik Sipil

Hari ini gw bakal ngeriview salah satu teknologi penahan gempa yang mungkin temen-temen juga tau, yaitu Selubung Seismik, artikel ini bakal gw beri judul,

“Review Selubung Pemimpin Karet Bantalan (Seismik Isolator)”

Yaaa, jadi seismic isolator itu biasa juga disebut dengan Selubung Seismik, nah selubung ini biasanya ada dibawah bangunan yang berfungsi untuk meredam akibat gaya gempa. Untuk penjelasan yang lebih detail nih gw kasih …….
1.  Isolasi Sistem
Teknologi yang digunakan untuk mengurangi tremor dari struktur, nah tremor itu sama aja getaran ya guys.
2.  Tempat Penerapan Sistem
Sistim ini umumnya digunakan pada bangunan berukuran besar, jembatan, tempat pembangkit listrik Tenaga nuklir.
3.   Kegunaan atau fungsi Sistem Isolator
Digunakan untuk meminimalisir kerusakan dari beban gempa. Iya meminimalisir jadi bisa aja suatu bangunan mengalami kerusakan akibat gaya gempa, karna Sistem Isolator ini tidak sepenuhnya bekerja maksimal atau dapat menahan beban gempa yang terjadi.
4.  Kelebihan Lainnya
Sistem ini lebih ekonomis dan fungsional, ya tau sendirilah kalau urusan ekonomiss hahahahaa…
Tapi Sistem ini sudah tergolong dalam standard ko, buktinya banyak bangunan pecakar langit (iya pencakar langit) di Amerika dan Jepang menggunakan system ini.

Nah ini gw kasih contoh gambarnya deh biar pada bisa banyangin.






Ini namanya Karet Selubung Seismik

Sumber : Google Image

Jadi Sistem kerjanya itu kaya gini nihh….
1.  Ada suatu daerah mengalami gempa
2.  Disana ada bangunan X misalnya, bangunan x itu mengalami getaran atau gempa dari bawah tanah
3.  Nah ini dia nih, fungsinya karet seismik ini, karet ini meredam gaya gempa atau getaran yang terjadi akibat gempa

Biar lebih jelas nih gw kasih video system kerjanya deh…


Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=wSYkp18aIOg

Nah sekian review dari gw, kalau temen-temen ada pertanyaan atau mau nambahin boleh komen di kolom komen gw. Thanks you

Nama : Risky Wisnu Adrianto
Kelas : 4TA05
NPM : 16315071
Dosen : I Kadek Bagus Widana

JURUSAN TEKNIK SIPIL

Sumber :
https://indonesian.alibaba.com/product-detail/lead-rubber-bearing-base-isolation-bearings-for-earthquake-resistant-structures-60449282730.html

https://www.google.com/search?safe=strict&biw=1366&bih=608&tbm=isch&sa=1&ei=G0U3XLuFL4iMvQSw85H4Aw&q=selubung+seismik+tahan+gempa&oq=selubung+seismik+tahan+gempa&gs_l=img.3...194155.196483..196610...0.0..1.629.3342.2-7j2j1j1......1....1..gws-wiz-img.2UJiIXN4fFE#imgrc=_

https://www.youtube.com/watch?v=wSYkp18aIOg

Comments